Metode Permainan Ular Tangga ”fruit and vegetables” Terhadap Pengetahuan dan Sikap Mengenai Zat Gizi pada Siswa Sekolah Dasar di Indramayu

Authors

  • ade rahmawati kesehatan masyarakat universitas wiralodra
  • nurbaeti tayong siti Program program studi kesehatan masyarakat Universitas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.31943/afiasi.v7i1.201

Abstract

Penyuluhan gizi sebagai bagian dari promosi kesehatan dapat menggunakan media permainan seperti ular tangga yang merupakan permainan edukatif bersifat menyenangkan sehingga membuat ketertarikan untuk belajar sekaligus  bermain. Edukasi gizi melalui metode permainan ular tangga dapat memudahkan dalam pemberian informasi terkait gizi. Responden diambil dengan kriteria inklusi siswa kelas 4 sekolah dasar dan kriteria  ekslusi (ketidakhadiran siswa pada saat penelitian). Responden penelitian ini merupakan sisiwa kelas 4 SDN II Karangampel kidul. Responden sebanyak 57 siswa. Hasil Uji Wilcoxon Rank Test menunjukkan p-value pengetahuan (0,000) < 0.05 dan Uji Wilcoxon Rank Test dengan nilai Asymp. Sig (2-tailed) atau p-value pada tingkat sikap  (0,000) < 0.05.   Kesimpulannya adalah adanya pengaruh media permainan ular tangga buah dan sayur terhadap pengetahuan dan sikap siswa sekolah dasar negeri  II karangampel kidul. Literasi  zat gizi pada buah dan sayur akan meningkatkan literasi siswa terkait gizi. Sehingga  penerapan media permainan ular tangga dapat diterapkan sebagai model edukasi gizi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-05-12

How to Cite

rahmawati, ade and tayong siti, nurbaeti (2022) “Metode Permainan Ular Tangga ”fruit and vegetables” Terhadap Pengetahuan dan Sikap Mengenai Zat Gizi pada Siswa Sekolah Dasar di Indramayu”, Afiasi : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(1), pp. 254–258. doi: 10.31943/afiasi.v7i1.201.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)