Metode Permainan Ular Tangga ”fruit and vegetables” Terhadap Pengetahuan dan Sikap Mengenai Zat Gizi pada Siswa Sekolah Dasar di Indramayu
DOI:
https://doi.org/10.31943/afiasi.v7i1.201Abstract
Penyuluhan gizi sebagai bagian dari promosi kesehatan dapat menggunakan media permainan seperti ular tangga yang merupakan permainan edukatif bersifat menyenangkan sehingga membuat ketertarikan untuk belajar sekaligus bermain. Edukasi gizi melalui metode permainan ular tangga dapat memudahkan dalam pemberian informasi terkait gizi. Responden diambil dengan kriteria inklusi siswa kelas 4 sekolah dasar dan kriteria ekslusi (ketidakhadiran siswa pada saat penelitian). Responden penelitian ini merupakan sisiwa kelas 4 SDN II Karangampel kidul. Responden sebanyak 57 siswa. Hasil Uji Wilcoxon Rank Test menunjukkan p-value pengetahuan (0,000) < 0.05 dan Uji Wilcoxon Rank Test dengan nilai Asymp. Sig (2-tailed) atau p-value pada tingkat sikap (0,000) < 0.05. Kesimpulannya adalah adanya pengaruh media permainan ular tangga buah dan sayur terhadap pengetahuan dan sikap siswa sekolah dasar negeri II karangampel kidul. Literasi zat gizi pada buah dan sayur akan meningkatkan literasi siswa terkait gizi. Sehingga penerapan media permainan ular tangga dapat diterapkan sebagai model edukasi gizi.